fbpx
Cleanlite Laundry

Bisnis Laundry, Usaha yang Tepat untuk Pensiunan yang Ingin Tetap Produktif dan Sejahtera

Salah satu cara menjadi pensiunan yang aktif, produktif dan sejahtera adalah memulai bisnis. Tapi, apa usaha yang cocok untuk pensiunan?

Masa pensiunan adalah masa yang tak bisa dihindari. Suatu saat masa itu akan tiba untuk siapa pun yang saat ini sedang menjadi karyawan kantoran. Sudahkah kita mempersiapkan masa pensiun yang gemilang?

Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai bisnis, termasuk untuk orang-orang yang baru akan memasuki masa pensiun. Justru masa pensiun adalah masa keemasan yang perlu dinikmati setelah seseorang bekerja keras di usia muda. 

Mereka yang tengah memasuki masa pensiun kerap dihantui gejala post power syndrome. Gejala ini biasanya ditandai dengan perubahan pada emosi seperti misalnya menjadi mudah tersinggung, cepat marah dan lain sebagainya.

Untuk memberi semangat dan inspirasi usaha untuk para calon pensiunan menyambut masa keemasannya dengan berbisnis, maka Kalbe Farma bersama StandardPlus Training Provider & Event Organizer mengadakan acara “Entrereneurship Workshop For Pre-Retirement” yang berlangsung di Bogor, 27 Februari – 1 Maret 2019. Dalam acara itu hadir sejumlah pakar di bidangnya mulai dari psikolog hingga pebisnis.

Mencegah Post Power Syndrome pada Pensiunan dengan Tetap Aktif dan Memulai Kegiatan Baru

Problem psikologis seperti post power syndrome ini memang menjadi salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh para pensiunan. Menurut psikolog Dra.Mustika Tarigan M.Psi, hal ini biasanya dikarenakan kehilangan aktivitas rutin, perubahan tingkat kesejahteraan, kehilangan kekuasaan dan kemunduran fisik karena sudah semakin tua.

“Orang yang memasuki masa pensiunan memang sebaiknya sudah punya rencana untuk memulai kegiatan baru dan tetap aktif. Baik itu dengan berkegiatan sosial atau dengan memulai bisnis. Karena dengan menyibukkan diri, dia tidak akan buang banyak waktu yang dapat membiarkan pikirannya tidak keruan,” ujar psikolog Dra.Mustika Tarigan M.Psi.

Hanya saja lanjut Mustika, kendala pensiunan untuk memulai bisnis adalah takut rugi dan takut gagal. Mereka yang sudah memasuki usia senja punya ketakutan yang lebih atas risiko. Padahal, kehilangan aktivitas rutin, kehilangan kekuasaan dan perubahan tingkat kesejahteraan sangat mungkin menyebabkan masalah psikologis yang bisa menjadi gejala post power syndrome.

“Untuk mengatasi permasalahan psikologis itu para pensiunan sebaiknya menerima keadaan mereka. Seharusnya mereka melihat masa pensiun dengan kacamata yang berbeda. Pensiun adalah masa yang dinikmati karena pensiun bukanlah akhir dari segalanya, melainkan awal memulai kegiatan yang baru. Pandanglah masa pensiun sebagai saat yang menyenangkan di mana kita bisa punya waktu lebih banyak untuk keluarga dan terbebas dari rutinitas kerja,” ujar Mustika Tarigan.

Menjadi Pensiunan yang Tetap Aktif, Produktif dan Sejahtera dengan Berbisnis Laundry

usaha untuk pensiunan

Mencari kegiatan baru merupakan salah satu kiat-kiat menghadapi pensiun. Kegiatan baru yang membuat pensiunan tetap produktif adalah dengan membuka bisnis. Dengan berbisnis, seorang pensiunan bisa tetap berpenghasilan meskipun tak lagi bekerja. 

Dengan mempunyai bisnis, bukan tidak mungkin pensiunan ini bisa memiliki pendapatan yang jauh lebih banyak dibanding ketika masih bekerja sebagai pegawai. Sehingga mereka tidak perlu cemas dengan hilangnya rutinitas atau sumber penghasilan yang bisa berdampak mengancam kesejahteraan mereka. Meskipun banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh pensiunan dengan memulai bisnis, mereka harus pintar-pintar dalam memilih bisnis apa yang paling sesuai dijalankan oleh pensiunan. Lantas apa usaha yang paling cocok untuk pensiunan? 

 

Bisnis franchise laundry, usaha yang tepat untuk pensiunan

usaha untuk pensiunan

Cleanlite Laundry ikut berkesempatan menjadi pembicara di acara workshop tersebut.  Tedy Mukti, sebagai Co-Founder Cleanlite Laundry, mengungkapkan bahwa laundry bisa menjadi salah satu pilihan usaha untuk pensiunan yang paling tepat, karena pensiunan biasanya ingin bisnis dengan risiko kecil, stabil, cepat balik modal dan tidak menyita banyak waktu serta tenaga.

 

“Bisnis laundry menjadi pilihan usaha yang tepat bagi pensiunan karena peluangnya besar, mengingat kepraktisan semakin menjadi tuntutan masyarakat. Selain itu, bisnis laundry bisa balik modal cepat. Contohnya franchise laundry Cleanlite Laundry, hanya dalam waktu kurang dari 1,5 tahun, pengusaha laundry sudah bisa balik modal. Pensiunan yang membuka laundry juga tidak perlu menguras banyak waktu dan tenaga. Karena laundry bisa dijalankan secara autopilot menggunakan aplikasi kasir laundry. Sehingga sebagai pensiunan, mereka bisa tetap aktif berkegiatan, tetap punya penghasilan dan punya banyak waktu untuk diri mereka dan keluarga.” ujar Tedy.

 

Santai Menjalankan Bisnis Laundry yang Autopilot dengan Aplikasi Kasir Laundry

usaha untuk pensiunan

Bisnis laundry sendiri dapat dijalankan autopilot dalam waktu cepat. Dalam artian, para pensiunan dapat lebih cepat membiarkan bisnisnya berjalan secara otomatis. Dengan bantuan aplikasi kasir laundry mereka bisa mengatur, mengontrol dan memantau manajemen laundry dari mana, sehingga mereka punya waktu lebih untuk keluarga. Bisnis laundry autopilot sangat cocok dijalankan oleh pensiunan karena tidak perlu membutuhkan energi terlalu banyak dan tidak menyita waktu. Sehingga para pensiunan tetap bisa punya banyak waktu santai dan tidak perlu capek-capek mengurus bisnisnya jika sudah bisa menjalankannya secara autopilot.

 

“Akan sangat menyenangkan bagi pensiunan jika bisa menjalankan bisnis laundry yang autopilot. Jadi, sebagai pengusaha atau pemilik hanya tinggal kontrol saja. Karena itu, Cleanlite menggunakan aplikasi kasir laundry Cleanlab POS untuk menjalankan bisnis laundry yang autopilot. Mulai dari pencatatan pesanan, hutang pelanggan, omset, setoran, profit, pengeluaran dan pembukuan laundry bisa dilakukan di aplikasi ini. Selain itu juga bisa memantau absensi karyawan dan proses pencucian pesanan pelanggan. Jadi, pemilik laundry bisa memantau laundry-nya dari mana saja dan kapan saja, nggak perlu setiap hari datang ke laundry. Itulah yang cukup menarik dari franchise Cleanlite Laundry.” jelas Tedy.

 

Artikel Terkait

Telah di Buka Cleanlite Laundry Gading Serpong

Cleanlite Laundry kali ini telah buka di daerah Gading Serpong tepatnya di Jalan Boulevard gading Golf, Ruko Diamond blok DMD No. 039, Gading Serpong, Tangerang. Pak Efendy Merupakan pengusaha muda dan juga memiliki beberapa bisnis lain. Pak Efendy Memilih Cleanlite Laundry Karena program dan aplikasi Cleanlite laundry yang sangat memudahkan bagi beliau sebagai pemilik laundry, di […]

Baca Selengkapnya
Telah Di Buka Cleanlite Laundry Cempaka Putih

Cleanlite Laundry kini hadir di Cempaka Putih (Jl. Cempaka Putih Timur Raya No. 37, Kel. Cempaka Putih Timur, Kec, Cempaka Putih, Jakarta Pusat). Tim Cleanlite Laundry bertemu dengan Pak Aditya yang berprofesi sebagai Dokter yang ingin merambah ke bidang bisnis lain. Setelah berkonsultasi dengan tim Cleanlite Laundry akhirnya beliau memutuskan untuk membangun Laundry di daerah […]

Baca Selengkapnya
Pembukaan Cleanlite Laundry Gandul

Kali ini team Cleanlite Laundry bertemu dengan Pak Galang, yang ingin membuka usaha Laundry sebagai Bisnis kedua beliau. Kebetulan Cleanlite Laundry menyediakan franchise laundry dengan harga yang terjangkau sehingga membantu beliau untuk memulai usaha barunya di daerah Gandul. Untuk anda yang ingin Laundry di daerah Gandul, datangilah segera Cleanlite Laundry Gandul di Jalan Raya Gandul no […]

Baca Selengkapnya
Cleanlite Laundry Hadir di Modernland

Cleanlite Laundry kini hadir di Modernland. Laundry dengan bersih dan rapih tetapi harga yang terjangkau kini bisa di nikmati di Ruko Lake Shop No.12, Kota Modern, Tangerang. Kali ini Tim Cleanlite Laundry bertemu dengan Ibu Era, yang merupakan pensiunan PNS dan di sela masa pensiun Ibu Era tetap ingin berkarya sehingga tercetuslah ide untuk membangun usaha. […]

Baca Selengkapnya

Bisnis Laundry, Usaha yang Tepat untuk Pensiunan yang Ingin Tetap Produktif dan Sejahtera

Cukup sediakan waktu: 3 min
0